December 30, 2010

Dilema perantauan

problem yang selalu aq alamin klo pindah ke daerah baru adalah beradaptasi dengan masakan asli daerah tersebut. Contohnya nich, pertama kali merantau (ihhirrr bahasaku kek pergi kemana aja) ke jogja, inget banget saking semangatnya, seminggu sebelum pergi udah ga bisa tidur, deg - degan kwkwkw. Tapi begitu nyampe di sana masalah baru muncul, aq ga cocok ama makanan jogja yang cenderung manis semua, mulai dari sayur ampe sambel. Hmmm..inget banget waktu itu gimana sissyku kebingungan nyariin makan. Bayangin aja masak makan gudeg bisa muntah ihhh repong bangetlah waktu itu, akhirnya jalan satu -satunya adalah aq selalu makan masakan padang yang emang ga manis, pagi, siang, malem, itupun padangnya cuma di satu tempat aja, klo ga salah inget namanya "warung padang barek" apa ya dan tentu saja uang bulanan jadi boros banget cuman buat makan padang terus hikz. Tetapi setelah beberapa bulan akhirnya bisa maem yang lain yaitu angkringan, hahahah, so menu makanku selama awal beberapa bulan di jogja adalah, pagi: mie kari pedas, siang: padang barek, malem: angkringan (mulai pinter ngatur keuangan). Tapi itu ga berlangsung selamanya, setelah adaptasi akhirnya aq keranjingan juga masakan jogja, apalagi gudegnya, pokoknya masakan jogja de bestlah, sampe berniat ga cuman kuliah aja, aq juga harus kerja dan ketemu jodoh di jogja hahaha *alhamdulillah terkabul* pokoknya i love love love gudeg jogja apalagi gudeg lesehan malem - malem di batas kota deket saphir cintah mati pokoknya, makanya pas harus pindah ke balikapan berat banget rasanya.
Tiba di balikpapan karena diterima kerja di kontraktor batu bara, sempat takut kalo bakal susah lagi ni adaptasi ma masalah nyamnyam, ternyata eh ternyata aq ga perlu kuatir karena ternyata masakannya 'gue banget' hhaahaha, buanyak banget dan hampir semua penjual makanan adalah orang jawa, jawa timur lagi, so ga perlu susah - susahlah, tinggal pilih aja mo makan apa, pecel, rawon, bebek, smua ada. Justru disana aq ketagihan ma kepiting ma soto banjarnya belum lagi nasi kuning BBnya yang tiga terakhir ini asli balikpapan punya...maknyussssssssssssssssssssssss!!!nanti lah aq ceritain lebih lengkap soal balikpapan :)

Nahhh yang terakhir inilah yang aq alami saat ini, walo udah agak biasa si sekarang, bermula ketika abis merit kemarin dan ngikut suami ke pekalongan after terbang melarikan diri dari perusahaan lama mengedipkan mata. Jatuh bangun beradaptasi dengan masakan sini yang ternyata beda banget ma masakan jawa timuran. Tapi suami udah ngerti banget penyakitku yang satu ini, akhirnya dia ngerekomendasiin "Pak Chudori" sebagai jalan keluar dari permasalahan ini. Nasi gorengnya adalah nasi goreng terenak yang pernah aq makan, beneran ini sungguh tidak berlebihan karena aq pernah ngajakin sahabat ke sini waktu lg maen ke pekalongan, dia pun mengakuinya, bahkan sering banget klo lg chat nanyain kabar pak chudori hahaha.
Warung tenda pinggir jalan dan terkenal dengan nama "Pak Chudori Posis" sungguh - sungguh terkenal, klo mo makan disana jangan sampe perut dalam keadaan kosong, karena dijamin bakalan emosi mampus gara - gara yang ngantri kaya ngantri zakat. Tapi rasanya sepadan ma perjuangannya, beneran!
Tapi mo gimanapun susahnya di awal peradaptasian, akhirnya pasti selalu indah. Buktinya sekarang alhamdulillah aq ga terlalu bermasalah dan yang asyik tuh jadi nemu makanan yang enak dan murah, yang penting adalah gimana pinter - pinternya nyari makanan yang enak, karena emang dasarnya suka makan tersenyum lebar

No comments:

Post a Comment