March 30, 2011

Wafel vs Dapel

 klo wafel mungkin udah familiar dan biasa aja kan, nahh klo kue Dapel???? emang saya baru nemu setelah pindah ke pekalongan.

saya mengenal "Dapel" beberapa bulan setelah tinggal di kota batik ini. suami waktu itu bilang "mo beli dapel ah buat orang rumah" saya kaget aja mendengarnya..ga salah ucap tu? saya lalu bilang "wafel kali" dia malah keukeuh bilang "Dapel sayang!!!" sambil senyum - senyum simpul, ya sudahlah saya ngikut aja dia pergi beli Dapel itu.

Dan ternyata memang benar, qta akhirnya membeli kue Dapel itu, kue tradisional khas pekalongan yang udah ada dari jaman baheula, yang jualpun rata - rata ibu - ibu ato mbah - mbah. dibuatnya dari adonan tepung dan ada pisang kepoknya yang dipotong kecil - kecil. kemudian di panggang di atas arang pake cetakan khusus kue dapel yang sungguh sangat tradisional. Cetakan kue dapel sangat - sangat 'vintage' dan kayanya terbuat dari baja dech :)) tus hitam legam warnanya dan ada pegangannya panjang*sayang ga sempet motret*
rasanya manis dan gurih, enaklah, tapi kayaknya klo makan kue ini jangan banyak - banyak dech satu aja cukup, soalnya bikin eneg klo kebanyakan *menurutku sich*


yang dikanan waffel tus ini ni yang namanya kue Dapel yang sebelah kiri..bener kan???mirip kan????namanya pun juga hampir sama, tapi katanya sich kue dapel ini udah ada sejak jaman pekalongan ada. kok bisa ya ada kue yang mirip tapi dari dunia yang berbeda???Wafel ato Dapel????hahahahaha...

*nanti klo pas saya pengen kue dapel saya potretin yang lebih lengkap ya =)

1 comment:

  1. Mbak eh Teh, met kenal ya.. Kok kita kebalikan ya teh, kalo teteh (sepertinya) orang Sunda yang ke Pekalongan, nah saya mah orang Pekalongan yang hijrah ke tanah Sunda. Ngebahas kue dapel, aku jd penasaran jg, soale kue dapel tak cari2 di luar kota Pekalongan kok ya gak ketemu. Apa iya itu khas Pekalongan? Soale kalo lagi ngidam tu kue, jadi pengen mudik.......

    ReplyDelete