May 29, 2011

rese' yang beralasan

tadi pagi pas ni mata masih kriyip2 sayup terdengar narasi dari 'was-was' yang lagi nyeritain tentang pasangan muda yang baru sebulan ini merit was2 hamil ato ga istrinya, sebenernya sich bukan masalah dese mo hamil ato kagak, tapi karena pasangan ini terkenal ma kisah drama nya yang engga di restuin ibu sang cewek, yang menurut si istri ga setuju just because 'ras' and pendidikan. okay, agak rese' ya eike, ngapain juga ngomongin problem orang, cumannnnnnn agak2 gatel juga ni tangan mo nulis tentang pendapat eike, secara ni berita ga sengaja nyantol di kuping.

terserahlah ya si ibu tu istri punya alasan apa kok bisa2nya ngelarang, klo aq jadi ibu' e ya pasti ngelarang anak e nikah wong masih kuliah dan dengan umur yang baru 19 kayanya wajar banget dech ibu e ngelarang,  kita sebut istri ma suami aja ya, pasangan muda ini, eh sebenernya sich buat umur si cowok emang pantes eh apa ya kalimat yang pas, bukan pantes tapi wajar apa ya *eike engga pernah mandang umur buat pernikahan, asal punya ktp en menuhin syarat nikah why not?asal emang udah siap loh ya en dipikir mateng2* buat nikah. nah menurut berita yang beredar karena engga di restuin ma si ibunya mereka nekat buat nikah.

cuman yang bikin agak miris menurut eike ya, setelah mereka nikah, justru si istri nich ga kuliah lagi (katanya di embargo ma ibu' e) tus kerjanya ngintilin si suami kemana aja even pas kerja and begaol ma temen2 si suaminya itu. pas ditanya sich alesannya klo di tinggal suka kangen walo di tinggalnya cuman 5mnt, welah klo mandi juga bareng berarti?ihhiiirrrrrrrrrrrrrrrr...
kenapa saya miris?dan kenapa saya rese' disini? karena saya gemes, gemes banget, umur 19 tahun, itu cuman sekali seumur hidup, masa keemasan, keluar dari zona anggapan 'ababil' tapi masih belum terlalu dewasa untuk di lepas, bayangkan, betapa merdekanya masa itu. ketika orang tua belum tega melepas kita tapi kita udah bisa menentukan semuanya, secara harfiah artinya udah bisa buat keputusan tapi ga sepenuhnya menuhin hidup sendiri masih di tanggung ortu, jadi ga wajib nyari duit, heaven bangetkan? saya ingat betapa masa itu sangat2 kaya dengan berjuta pengalaman, berjuta teman, ribuan kecengan, kesenangan bersama mereka setiap saat, bahkan itu awal kita meraih mimpi2 yang nantinya menentukan masa depan kita. dan melihat ni cewek, harus keluar dari kuliahnya, bergulat menjadi istri dan ngintilin si suami kemana aja, tus deg2an nunggu hamil apa ga (katanya demi mendapat restu orang tua) berapa banyak kesempatan yang dia buang, padahal klo pun dia ga buang masa itu belum tentu juga dia akan kehilangan si suaminya itu nanti.

pertama, klo dia mo sabar, nurutin ibunya buat ngelanjutin kuliah, gosh, kapan lagi sich kita bisa menuhin harapan orang tua klo ga di masa itu, bahkan klo udah nikah ga mungkin orang tua ngarep2 kita lagi, karena mereka sungguh bijak dan tau kita sudah menjadi istri orang, okay dia bilang ga selalu orang tua benar, tapi apa salahnya juga kita sebagai anak nurutin keinginan orang tua yang udah besarin kita. klo tetep kuliah kemudian lulus alhamdulillah dapet kerjaan bagus, masak sich setelah orang tua bangga ga luluh juga, klo ga luluh baru boleh protes. lagian klo emang tu cowok bener2 sayang harusnya mendukung buat si cewek itu kuliah yang baik, biar pinter abis tu nikah dech, klo emang sayang masak sich ga bisa nunggu bentar, inget, semua pasti ada jalan yang baik. memusuhi orang tua hanya demi laki2 yang baru di kenal hitungan bulan (walo ada trademark bagus di cowok itu) kayae useless banget dech. ga mungkin jalannya hanya menentang kemudian nikah dadakan, pasti ada jalan keluar lain. rugi banget klo menurutku.

kenapa eike rese'? karena ni cerita sering banget di umbar di tivi, dan yang liat pasti bukan cuman ibu2 doang pasti banyak juga abege2 lain yang ngeliat, tus ga mungkin ga di tiru? sapa yang jamin? apalagi buanyak banget sekarang sinetron2 yang temanya hampir mirip ma tema di atas.
contohnya sinetron di tivi swasta yang nyeritain tokoh namanya aje** dan yud** dimana kayana hari2nya cuman berisi derita cinta karena mereka terdoktrin klo mereka jodoh sejati padahal baru lulus SMA kemudian ada orang kurang kerjaan yang berusaha misahin mereka, ya ampun, kasian banget kan, umur baru 17an udah terikat rantai jodoh yang mereka ciptakan sendiri, padahal siapa tau di perjalanan mereka ada yang lebih baik dan lebih cocok buat mereka?
kenapa terlalu mengagungkan cinta di usia yang sungguh masih sangat belia? kenapa ga menikmati hidup dulu aja sich? nanti. nanti klo udah jadi istri silahkan kalian mengagungkan cinta suami itu akan berpahala besar dan menjaga cinta suami surga balasannya.jangan terlalu dini, sayang masa depan yang gemilang jadi tertutup oleh cerita cinta dini ini.

No comments:

Post a Comment