January 01, 2016

kangennnn nulissss

giliran dapet kesempatan bingung deh mau nulis apaaaa....
tapi kalo ga nulis kok saya seperti kehilangan jati diri tsahhh....!!

ibu.. akhirnya saya mengalami dunia ini
dunia ibu yang berarti menjalani seluruh lapis kehidupan
dunia dimana mudah sekali orang beropini tapi mungkin susah untuk menjalaninya
dengan umur 27 memasuki dunia pernikahan dan 2 tahun kemudian saya punya anak sampai sekarang, sumgguh pengalaman roller coaster up and down yang sangat menantang dan penuh warna.

ketika menjadi ibu untuk pertama kalinya (anak pertama lahir) saya seperti ebes-ebes lainnya yang sangat-sangat idealis, harus asi (prinsip ini alhamdulillah masih kepegang sih ampe anak ke dua ini), mpasi homemade, melahap berpuluh - puluh buku parenting yang akhirnya bikin stres sendiri hahahhaa...
dan kadang saking idealisnya saya sering membuat tidak nyaman orang - orang sekitar...mungkin...
tetapi dengan seiring waktu dan banyaknya harapan yang bertabrakan dengan realita..akhirnya lama - lama saya kembali 'normal' dengan versi saya sendiri tentunya :)) apalagi setelah ada anak ke 2..slow aja memmm...

parenting itu hal yang sangat - sangat mudah untuk mengundang orang lain beropini tetapi bisa jadi menjadi hal yang rumit bagi yang menjalani, padahal mah yang beropini tadi kan ya bisa jadi sedang menjalaninya juga, komen sih gampang yaa apalagi ngomenin hidup orang lain,

saya bukan orang yang mudah berkomentar tentang cara orang lain mendidik anak - anaknya, kalaupun berkomentar biasanya dalam hati aja, kalo ga ya bergunjing berdua dengan suami aja (iyeee saya jago kandang) karena bagi saya parenting itu tidak sama dengan 1 + 1 yang pasti hasilnya 2. tidak ada yang tahu hasilnya nanti, jadi bagi saya tidak ada yang benar - benar salah ataupun benar, semua itu tergantung masing - masing pribadi orangnya.
misalnya nih, pas lagi kumpul -kumpul keluarga, terus ada yang ambil suara bahas "eh masak ya anak si fulan baru umur segitu udah begini...eh masak ya si itu anaknya diginiin padahal kan...." nah klo udah gitu ga akan habis - habis dah tuh bahasnya, dan saya paling males ikutan pembicaraan macam itu, bener jujur.
karena sekali lagi, apapun keputusan orang terhadap anaknya itu sudah menjadi hak mereka hasilnya seperti apa kita tidak akan tahu beneran deh, lagian standart masing - masing orang kan beda, semua pasti ingin anaknya sukses tapikan standart sukses itu beda - beda qaqaq masing - masing orang, iya kannnnn
dan haters ataupun lovers itu adanya ga cuman di ig-nya mulan jameela ama aqnez mo disekitar kita pun pasti ada tuh komen-komen nyinyir haters (sok iyes hahahaaa)

sebagai ibu, yang hidup didunia persilatan nan garang inih, yang dengan mudahnya merasa terintimidasi dan tertohok, ataupun karena terlalu sensi akhirnya stres sendiri, sekarang saya mah ogah baper - baper an. klo dulu takut banget ama pengaruh media televisi misalnya, sekarang lebih realistis begitupun dengan gadget. slow aja lah ngadepinnya, lah gimana emang anakku hidup dimasa sekarang dengan hiburan gadget yang mengepungnya, cuman ya itu jadi tantangan buat ibunya gimana menyiasatinya. daripada dimusuhi mending ditemenin kan hehehee, yang saya rasakan sekarang, semakin pintar tekhnologinya sang ibu dituntut lebih pintar untuk menguasainya.
tapi yang paling penting ibu itu harus bahagia.

kalo mood saya bagus sudah pasti anak-anak dan suami akan tertular moodnya jadi bagus, tapi kalo sayanya bete sudah pasti bakalan bete semuanya. jadi si ibu harus duluan bahagia biar bisa bahagia semuanya.
biasanya saya akan makan enak dan kenyang, mau beli apa ya udah beli aja, shopping is the best therapy, yang penting dibutuhkan, ga usah terlalu ketat-ketat banget ngatur keuangan, terkadang boros dikit tuh gapapa yang penting imbasnya bagus buat keluarga (ngeles hahahaa)
saya tidak mau terlalu menuruti teks book parenting, karena masing-masing situasi kan beda ya, let it flow aja ama kebiasaan di rumah, tapi tetep ada pagar-pagar dari teori tadi. santai tapi konsisten.
cheating - cheating sedikit juga gapapa lah ya. yang penting ga berdosa banget.

No comments:

Post a Comment