February 28, 2011

Sunday cooking: Sop bakso ayam cihuii

sunday is busy day, harus bersih - bersih, beres - beres, nyelesain yang belum sempet dikerjain hari - hari sebelumnya biar senin udah selesai semua tanggungan. yang full buat masak dan agenda untuk jalan - jalan.tapi khusus hari minggu kemarin karena terlalu banyak pekerjaan yang udah deadline dan rumah juga menuntut untuk di tata ulang terutama bagian dapur akhirnya seharian ga ada berhentinya, terutama hubby. dia yang bersih - bersih dan menata ulang dapur, Alhamdulilah sekarang sudah jauh lebih rapi dan tertata daripada kemarin hahaha. dan saya cuman kebagian tugas memasak dan mencuci, selain itu semua hubby yang ngerjain kwkwkwkw hal - hal kecil yang ternyata buanyak banget.kasian hubby kemarin dia bener - bener bekerja keras beres - beres rumah hehehe.

kemarin saya masak sayur sop ayam dan bakso, dan ternyata rasanya, hiuhhhhh maknyussss benerrrrr, hubby mengakui klo masakanku kemarin TOP BGT kwkwkw, padahal lo cuman sop biasa kyaaaa...
saya bagi aja ya resepnya siapa tau ada ibu rumah tangga baru seperti saya yang masih minim semuanya hehe

bahan: seperti halnya sop - sop lain yang banyak kita temui di mbah gugel, tinggal klik aja mana yang sesuai, klo pengalaman saya kadang klo terlalu ribet saya kurangi sendiri bahan - bahan mana yang belum saya punyai, ato yang belum familiar buat pemula seperti saya ini, ga maksa lah yang penting nanti klo berasa ada yang kurang bisa jadi pelajaran "oww ternyata memang harus ada yang tadi ya biar lebih enak" gitu dech akhirnya dapet insight. pengalaman itulah guru terbaik qta.kwkwkw gaya tenannnn

cara saya:
rebus ayam sampai empuk dan airnya menjadi kaldu yang ga bening lagi, sisihkan.goreng bawang merah yang sudah di iris tipis, sisihkan. keprek bawang putih agak banyak dari ukuran normal potong kecil - kecil kemudian sangrai, klo udah harum masukkan kedalam kaldu ayam dan rebus. setelah mendidih masukkan wortel, kentang dan lainnya klo ada tunggu sampe agak empuk. setelah itu masukkan bakso, kol, bunga kol, ato sayuran sejenisnya, masukkan garam, gula putih, merica bubuk, aduk rata. kalo udah mo mendidih masukkan  seledri, tomat, dan bawang goreng. jadi dech.sebenernya kemarin ada daun bawangnya juga tapi lupa dimasukin hahahaha
oya klo bisa jangan sampai sayurannya terlalu layu ato terlalu matang secukupnya aja biar tampilannya bagus :) dijamin maknyus dah :))

No comments:

Post a Comment